WahanaNews.co.id | Perusahaan induk Facebook, Meta, akan mulai membuka toko fisiknya. Pada hari Senin, Meta mengumumkan akan membuka Meta Store.
Toko ini akan menjual produk-produk fisik yang mendukung dunia metaverse Facebook dkk. Misalnya saja virtual reality (VR) Quest 2 hingga perangkat panggilan video Portal.
Baca Juga:
Bisa Jadi Saingan Google, Meta Kembangkan Mesin Pencari AI Sendiri
Lewat toko ini, Meta juga akan mengenalkan dan menawarkan demo kacamata pintar Ray-Ban Stories. Pelanggan yang ingin membelinya akan diarahkan ke situs web Ray-Ban.
Tidak seperti, Apple Store, hanya akan ada satu Meta Store untuk saat ini. Toko ritel itu akan berbasis di kampus perusahaan di Burlingame, California. Tepatnya di 322 Airport Boulevard.
Meta akan membuka toko ritel di kampus Burlingame, California pada 9 Mei mendatang untuk menjual produknya. Pembukaan Meta Store disebut menjadi upaya untuk membuat konsumen lebih mengenal rencana Meta untuk memperkenalkan metaverse.
Baca Juga:
Bos-bos Teknologi Klaim smartphone Bakal Segera Punah, Bakal Ada Chip Neuralinks
Dalam postingan blog pada hari Senin, Meta mengatakan bahwa toko tersebut akan memungkinkan orang mendemonstrasikan berbagai produk dan akan menyertakan ruang VR yang memungkinkan pelanggan mencoba aplikasi seperti Beat Saber dan Real VR Fishing. Demo VR ini akan diproyeksikan pada layar LED melengkung besar di toko untuk dilihat orang lain.
"Meta Store akan membantu orang-orang membuat hubungan itu dengan bagaimana produk kami dapat menjadi pintu gerbang ke metaverse di masa depan," kata kepala Meta Store Martin Gilliard dalam posting blog, dilansir detikcom (26/4).
Meta adalah perusahaan teknologi besar terbaru yang membuka toko ritel untuk memamerkan perangkat kerasnya.
Google membuka satu toko seperti itu di New York tahun lalu. Sementara itu, Microsoft menutup 83 tokonya pada tahun 2020 dan mengkonfigurasi ulang beberapa toko sebagai tempat demo alat dan mulai menjual produk di toko tersebut pada tahun 2021.
Di sisi lain, Apple telah menjadikan ratusan tokonya sebagai bagian inti dari bisnisnya selama bertahun-tahun. [JP]