Di saat bersamaan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa ini sejalan ini arahan dari Presiden Joko Widodo agar e-Commerce dibanjiri dengan produk lokal.
"Perlu komitmen dari pengelola e-Commerce itu sendiri. Kalau pasar tergantung siapa yang menyediakan. Saya ambil contoh dengan Sarinah yang 100% produk UMKM yang ditampilkan sekarang," imbuhnya.
Baca Juga:
Tips Belanja Cerdas di Era Digital
"Tidak benar bahwa brand asing yang menarik trafik pengunjung. Saya kira ini harus ditiru teman-teman di e-Commerce. Apalagi sudah banyak produk buatan dalam negeri yang bagus-bagus," kata Teten.
idEA sendiri mengatakan saat ini produk digital mengampanyekan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dengan menggandeng 9,9 juta UMKM baru.
"Kita punya target 30 juta UMKM baru di 2023," pungkasn Ketua Umum idEA Bima Laga. [JP]